Jumat, 14 Maret 2014

METODE TAFSIR AL-MUQARAN




METODE TAFSIR AL-MUQARAN

Makalah ini di buat untuk memenuhi tugas mata kuliah bahasa indonesia

Di susun oleh:

Nama   : Suherman

NIM    : 1112034000149























Prodi TafsirHadits
FakultasUshuluddin

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta











A.    Pendahuluan



Pada  abad  yang  modern  sekarang  ini  metode  Tafsir  Muqaran,  ini  terasa  makin  di  butuhkan  oleh  umat,  terutama  di  karenakan  banyak  timbulnya  berbagai  paham  dan  aliran  yang  kadang  jauh  keluar  dari  pemahaman  yang  benar.



Maka  dari  itu  pada  makalah  yang  singkat  ini  saya  akan  membahas  betapa  pentingnya  metode  Tafsir  Muqaranini,  sebagai  perbandingan  agar  tidak  terjadinya  pro  &  kontra  antar  sesama  umat.



B.     Pengertian   Tafsir  Muqaran



Di  lihat  dari  kata  Tafsir  Muqaran  itu  terdiri  dari  dua  kata,  yakni  Tafsir  dan  Muqaran,  yang  memiliki  makna  dan  pengertian  yang  berbeda.

Secara  etimologi  Tafsir  adalah  bentuk  kata  dari  fassara,  yufassiru,  tafsiran  yang  bermakna  As-Syarhu  wa  Al-Bayan.[1]  Dalam  kitab  Ulumul  Qur’an  Tafsir  bermakna    (Al-Kaysifu) menyingkap,  (Al-Ibanah)  menjelaskan,  (Idzhar)  mengungkap,  dan  (Tabyin)  menerangkan.[2]

Sedangkan  menurut  terminologi  Tafsir  adalah  ilmu  yang  di  dalamnya  mencakup  berbagai  macam  sarana  untuk  menyingkap  makna  Al-Qur’an. 

Sedangkan  Muqaran  secara  etimologi  adalah  bentuk  kata  dari qaarana,  yukaarinu,  muqaranatan  yang  bermakna  menimbang  (waazana)  dan  memperbandingkan.  Jika  keduanya  di  gabungkan  maka  akan  di  peroleh  makna:  menjelaskan  dengan  melakukan  perbandingan.

Quraish  Shihab  dalam  mendefinisikan  Tafsir  Muqaran  adalah  sebagai  berikut.  Membandingkan  ayat-ayat  Al-Qur’an  yang  memiliki  persamaan  atau  kemiripan  redaksi  yang  berbicara  tentang  masalah  atau  kasus  yang  berbeda  bagi  masalah  atau  kasus  yang  sama  atau  di  duga  saama.[3]

Sedangkan  menurut  Ali  Hasan  Al-Ridh  mendefinisikan  Tafsir  Muqaran  adalah  metode  yang  di  tempuh  seseorang  mufassir  dengan  cara  mengambil  sejumlah  ayat-ayat  Al-Qur’an  kemudian  mengemukakan  penafsiran  para  ulama  terhadap  ayat-ayat  Al-Qur’an  tersebut,  baik  mereka  ulama  salaf  maupun  khalaf.  Metode  yang  di  gunakan  berkecenderungan  mereka  berbeda-beda  baik  penafsiran  mereka  berdasarkan  riwayat  yang  berasal  dari  Rosulullah  SAW,  para  sahabat  (bil  Al-Matsur)  atau  berdasarkan  rasio  (ijtihad  atau  Tafsir  bil-ra’yu)  dan  mengungkapkan  pendapat-pendapat  mereka  serta  membandingkan  segi-segi  dan  kecenderungan  masing-masing  yang  berbeda  dalam  menafsirkan  ayat-ayat  Al-Qur’an.[4]



Berdasarkan  definisi  mengenai  Tafsir  Muqaran  yang  telah  saya  jelaskan  di  atas,  kemudian  dapat  saya  simpulkan  bahwa  ranah  yang  di  jadikan  objek  dalam  mengaplikasikan  metode  Tafsir  Muqaran  adalah.[5]



1.      Memperbandingkan  antara  ayat-ayat Al-Qur’an.

2.      Memperbandingkan  antara  ayat  Al-Qur’an  dengan  Hadis  Nabi.

3.      Memperbandingkan  antara  corak  hasil  penafsiran  para  ulam  tafsir  berdasarkan  kecenderungan  yang  mereka  miliki.



C.     Sejarah  perkembangan  Tafsir  Muqaran



Setiap  metode-metode  yang  di  gunakan  dalam  menafsirkan  ayat-ayat  Al-Qur’an  memang  telah  tercover  dalam  sejarah  islam,  sebagaimana  yang  telah  di  gambarkan  Al-Farmawi  tentang  bentuk-bentuk  penafsiran  tersebut  di  antaranya  yaitu:  Tafsir  Ijmali,  Tafsir  Tahlili,  Tafsir  Maudhu’i,  dan  Tafsir  Muqaran.[6]

Dalam  sejarah,  usaha-usaha  dalam  menafsirkan  ayat-ayat  Al-Qur’an  terjadi  seiring  dengan  perkembangan  agama  Islam,  yang  di  mulai  sejak  pada  jama  Nabi  Muhammad SAW.  Ini  terbukti  dengan  adanya  Nabi  Muhammad  sebagai  mufassir  yang  menjelaskan  setiap  ayat-ayat  Al-Qur’an  kepada  para  sahabat  yang  masih  bingung  dalam  memahami  kandungan  makna  pada  setiap  ayat-ayat  Al-Qur’an.

Penafsiran-penafsiran  yang  di  lakukan  Nabi  Muhammad  ini  memiliki  sifat-sifat  dan   karakteristik  tertentu,  di  antaranya  penegasan   makna  (bayan  Al-Takid),  perincian  makna  (bayan  Tafshil),  perluasan  dan  penyempitan  makna,  serta  pemberian  contoh.  Sedangkan  dari  segi  motifnya  tafsiran  Nabi  Muhammad  terhadap  ayat-ayat  Al-Qur’an  mempunyai  tujuan-tujuan  pengarahan  (bayan  Irsyad),  peragaan  (Tathbia),  pembenaran  (bayan  Tashih).

Setelah  sepeninggal  Nabi  Muhammad SAW,  kegiatan  penafsiran  ayat-ayat  Al-Qur’an  tidak  berhenti  malah  boleh  jadi  semakin  meningkat  munculnya  persoalan-persoalan  baru  seiring  dinamika  masyarakat  yang  progresif.



D.    Kelebihan  dan  Kekurangan  Tafsir  Muqaran



Setiap  metode  yang  di  gunakan  untuk  menafsirkan  Al-Qur’an,  pasti  dalam  metode-metode  tersebut  memiliki  kelebihan  dan  kekurangan.  Adapun  kelebihan  dan  kekurangan  dalam  metode  Tafsir  Muqaran  adalah  sebagai  berikut:



1.      Kelebihan  Tafsir  Muqaran



a.       Memberikan  wawasan  relatif  lebih  luas.[7]

b.      Membuka  pintu  untuk  bersikap  toleran.

c.       Mengungkapkan  ke-ijazan  dan  ke  ontentikan Al-Qur’an.

d.      Membuktikan  kandungan  makna  yang  sebenarnya  ayat-ayat  Al-Qur’an, tidak  adanya  yang  kontradiktif,  demikian  juga  antara  Al-Qur’an  dan  hadis.

e.       Dapat  mengungkapkan  orsinalitas  dan  objektifitas  mufassir.

f.       Dapat  mengungkapkan  sumber-sumber  perbedaan  di  kalangan  mufassir  atau  diantara  kelompok  umat  Islam,  yang  di  dalamnya  termasuk  masing-masing  mufassir.

g.      Dapat  menjadi  sarana  pendekatan  (Taqrib)  di  antara  berbagai  aliran  tafsir  dan  dapat  juga  mengungkapkan  kekeliruan  mufassir  sekaligus  mencari  pandangan  yang  paling  mendekati  kebenaran.



2.      Kekurangan  Tafsir  Muqaran



a.       Penafsiran  yang  menggunakan  Tafsir  Muqaran  tidak  dapat  di  berikan  kepada  pemula,  seperti  mereka  yang  belajar  tingkat  menengah  kebawah.  Karena  pembahasannya  terlalu  meluas,  dan  konsekuensinya  tentu  akan  menimbulkan  kebingungan  bagi  mereka  dan  bahkan  dapat  merusak  pemahaman  terhadap  Islam  secara  Universal.

b.      Metode  Tafsir  Muqaran  tidak  dapat  di  andalkan  untuk  menjawab  setiap  problematika  sosial  yang  sedang  tumbuh  di  kalangan  masyarakat.  Hal  ini di  sebabkan  metode  ini  lebih  mengutamakan  perbandingan  daripada  pemecahan  masalah.

c.       Metode  Tafsir  Muqaran  juga  terkesan  lebih  banyak  menelusuri  tafsiran-tafsiran  baru.



E.     Contoh   aplikasi  metode  Tafsir  Muqaran



Perbandingan-perbandingan  dalam  aspek  ini  dapat  di  lakukan  pada  semua  ayat-ayat  Al-Qur’an,  baik  memakai  mufradat,  urutan  kata,  maupun  kemiripan  redaksi.



1.      Contoh  dalam  memperbandingkan  redaksi  yang  mirip  antara  ayat  dengan  ayat  Al-Qur’an.

وما جعله الله الا بشر ى لكم ولتطمئن قلوبكم به وما النصر ألا من عند الله العزىز الحكىم ( ال عمرن:126)

Allah  tidak  menjadikan  pemberian  bala  bantuan  itu  melainkan  sebagai  khabar  gembira  bagi  kemenanganmu,  dan  agar  tentram  hatimu  karenanya.  Dan  kemenanganmu  hanyalah  dari  Allah  yang  maha  perkasa  lagi  maha  bijaksana.

وما جعله الله ألا بشرى ولتطمئن به قلوبكم وما النصر الا من عند الله ان الله عزىز حكىم ( الأنفل:10)

Allah  tidak  menjadikanya  (mengirim  bala  bantuan  itu),  melainkan  sebagai  kabar  gembira  dan  agar  hatimu  menjadi  tentram  karenanya.  Dan  kemenangan  itu  hanyalah  dari  sisi  Allah.  Sesungguhnya  Allah  maha  perkasa  lagi  maha  bijaksana.



2.      Contoh  perbandingan  antara  ayat  Al-Qur’an  dengan  hadis  Nabi.



1.      Ayat Al-Qur’an



انى وجد ت امرأة تملكم وأوتىت من كل شىء ولها عرش عظىم ( النمل:23 )



Sesungguhnya  aku  menjumpai  seorang  wanita  yang  memerintah  mereka,  dan  dia  di  anugrahi  segala  sesuatu  serta  mempunyai  singgasana  yang  besar.



2.      Hadis

ما افع قوم ولوا امرهم امرة ( الا بخرى )

Tak  pernah  sukses  (beruntung)  suatu  bangsa  yang  menyerahkan  semua    urusan  mereka  kepada  wanita.



F.      Perbandingan  pendapat  para  Mufassir



Sebelum  kita  melakukan  perbandingan  terhadap  berbagai  pendapat  para  ulama  tafsir  khususnya  yang  menyangkut  ayat-ayat  Al-Qur’an,  hal-hal  yang  harus  di  perhatikan ialah:



1.      Kondisi  Sosial  politik  ketika  mufassir  itu  masih  hidup.

2.      Kecenderungan  dan  latarbelakang  pendidikan  mufassir.

3.      Pendapat  yang  di  kemukakan  itu  apakah  merupakan  pendapat  pribadi  mufassir,  atau  mengembangkan  pendapat-pendapat  yang  sudah  ada  atau  hanya  mengulang  saja  pendapat  yang  sudah  ada.

4.      Pembanding  menganalisis  pendapat-pendapat  para  Ulama-ulama  Tafsis  baik  untuk  menguatkan  atau  mengkritisi  penafsiran  yang  telah  di  lakukan.

Adapun  sebagian  Ulama  Tafsir  juga  dalam  membandingkan  pendapat-pendapatnya  untuk  menafsirkan  suatu  ayat.

1.      Menghimpun  sejumlah  ayat  yang  di  jadikan  objek  studi  tanpa  melihat  redaksinya  yang  mempunyai  kemiripan  atau  tidak.

2.      Melacak  berbagai  pendapat  Ulama  Tafsir  dalam  menafsirkan  ayat-ayat  Al-Qur’an  tersebut.

3.      Kemudian  membandingkan  pendapat-pendapat  mereka  untuk  mendapatkan  informasi  yang  berkenan  dengan  identitas  dan  pola  pikir  dari  masing-masing  mufassir.



G.    Kitab-kitab  yang  mengaplikasikan  metode  Tafsir  Muqaran



Metode  Tafsir  Muqaran  ini  hanyalah  satu  bentuk  metodologi  atau  analisa.  Jadi  jarang  sekali  di  temukan  satu  kitab  yang  menggunakan  Tafsir  ini,  secara  keseluruhan  dalam  menafsirkan  ayat-ayat  Al-Qur’an  maupun  metode-metode  lainya  seperti:  metode  Tafsir  Tahlili,  Tafsir  Ijmali,  Tafsir  Maudhui  dan sebagainya.

Berikut  kitab-kitabnya.

1.      Durrah  At-Tanjil  wa  Ghurrah  At-Tanwil,  karya  Al-Iskafi  yang  terbatas  pada  perbandingan  ayat  dengan  ayat  Al-Qur’an.

2.      Al-Jamili  Ahkam  Al-Qur’an,  karya  Al-Qurthuby  yang  membandingkan  prnafsiran-penafsiran  para  mufassir.

3.      Rawai  Al-Bayan  fi  Tafsiri  ayat  Al-Ahkam,  karya  Ali  Ash-Shabuny.

4.      Al-Qur’an  and  Interpreters,  salah  satu  karya  tafsir  yang  lahir  di  zaman  modern  ini,  karya  Prof.  Muhammad  Ayyoby.[8]



H.    Kesimpulan



Ø  Setiap  metode-metode  Tafsir  mempunyai  efektifitas  masing-masing,  karna  Al-Qur’an  merupakan  kitab  untuk  umat  Islam,  maka  kajian  terhadap  Al-Qur’an  perlu  di  lakukan  dengan  sangat  hati-hati.

Ø  Al-Qur’an  berfungsi  sebagai  sumber  pengetahuan  dan  petunjuk  bagi  seluruh  umat  Islam,  maka  Al-Qur’an  harus  di  pelajari  dan  di  upayakan  penafsiranya.  Dan  di  perlukan  adanya  kerangka  metode  penafsiran  yang  relevan.

Ø  Agar  tidak  terjadinya  prokontra  antara  ayat-ayat  Al-Qur’an  dengan  Hadis  maka  di  perlukan  adanya  metode  Tafsir  Muqaran,  karna  untuk  membandingkan  ayat  dengan  ayat  Al-Qur’an  maupun  ayat  Al-Qur’an  dengan  Hadis.

Ø  Dan  tidak  bisa  di  pungkiri  bahwa  tiap-tiap  metode  yang  di  gunakan  mufassir  masing-masing  mempunyai  kelebihan  dan  kekurangan,  oleh  karena  itu  upaya  untuk  terus  mencari  alternatif  metode  Tafsir  dengan  banyak  belajar  dari  metode-metode  dan  pendekatan  terhadap  Tafsir  yang  sudah  ada,  dan  merupakan  warisan  yang  tak  ternilai.



I.       Dafta  pustaka



ü  Al-Mujam Al-Wasith, Maktabah Syarua Ad-Dauliyah, Mesir, 2011.

ü  Manna’ Khalil Al-Khathan, Mabchis fi Uluil Qur’an, Al-Hidyah, Surabaya, 1973.

ü  Quraish Shihab, Membumikan Al-Qur’an, Mizan, Bandung, 1996.

ü  Ali Hasan Al-Aradhi, Tarikh Al-Tafsir wa Manhij Al-Mufassirin, terj: Ahmad Arkum, Sejarah dan Metodologi    Tafsir, Jakarta, 1994.

ü  Fahd bin Abdurrahman bin Sulaiman Ar-Rumi, Bushust fi Ulumi At-Tafsir wa Mahajinuhu, hal: 62, Maktabah At-Taubah.

ü  Dr. Abdul Hay Al-Famawi, Al-Bidayah fi Al-Tafsir Al-Maudhui, Al-Hadharah Al-Arabiyah, Kairo, 1977.

ü  Nashruddin Baidan, Metodologi Penafsiran Al-Qur’an, hal: 142, pelajar, Yogyakarta











































[1]Al-Mujam Al-Wasith, hal: 713, Maktabah Syarua Ad-Dauliyah, Mesir, 2011.


[2]Manna’ Khalil Al-Khathan, Mabchis fi Uluil Qur’an, hal: 323, Al-Hidyah, Surabaya, 1973.


[3]Quraish Shihab, Membumikan Al-Qur’an, hal: 118, Mizan, Bandung, 1996.


[4]Ali Hasan Al-Aradhi, Tarikh Al-Tafsir wa Manhij Al-Mufassirin, terj: Ahmad Arkum, Sejarah dan Metodologi    Tafsir, hal: 75, Jakarta, 1994.


[5]Fahd bin Abdurrahman bin Sulaiman Ar-Rumi, Bushust fi Ulumi At-Tafsir wa Mahajinuhu, hal: 62, Maktabah At-Taubah.


[6]Dr. Abdul Hay Al-Famawi, Al-Bidayah fi Al-Tafsir Al-Maudhui, hal: 23, Al-Hadharah Al-Arabiyah, Kairo, 1977.


[7]Nashruddin Baidan, Metodologi Penafsiran Al-Qur’an, hal: 142, pelajar, Yogyakarta


[8]Ali Hasan Al-Aridh, Sejarah dan Metodologi Tafsir, hal : 40, Rajawali Jakarta, 1992

1 komentar: